Pengertian Management Pemasaran
Pengertian Management Pemasaran
adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program
yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud
untuk mencapai tujuan perusahaan. Titik berat diletakkan pada penawaran
perusahaan dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar tersebut serta
menentukan harga, mengadakan komunikasi, dan distribusi yang efektif untuk
memberitahu, mendorong, serta melayani pasar.
Jadi, Pengertian Management Pemasaran dirumuskan sebagai suatu
proses manajemen yang meliputi penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan
pengawasan kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan.
Kegiatan ini bertujuan menimbulkan
pertukaran yang diinginkan, baik yang menyangkut barang dan jasa, atau
benda-benda lain yang dapat memenuhi kebutuhan psikologis, sosial dan
kebudayaan. Proses pertukaran dapat ditimbulkan baik oleh penjual, maupun
pembeli yang menguntungkan kedua belah pihak. Penentuan produk, harga, promosi
dan tempat untuk mencapai tanggapan yang efektif disesuaikan dengan sikap dari
perilaku konsumen, dan sebaliknya sikap dan perilaku konsumen dipengaruhi
sedemikian rupa sehingga menjadi sesuai dengan produk yang ditawarkan
perusahaan.
Sehubungan dengan hal itu, dibutuhkan
suatu keahlian yang mampu memilah dan melaksanakan kegiatan pemasaran dalam
pencapaian tujuan perusahaan serta dalam menyesuaikan diri dengan perubahan
lingkungan. Kegiatan pemasaran ini harus dikoordinasikan dan dikelola dengan
cara yang benar, maka dikenalilah istilah Pengertian Management Pemasaran.
0 komentar:
Posting Komentar