Pengertian Knowledge Management
Pengertian Knowledge Management |
Manajemen pengetahuan (Pengertian Knowledge Management) ialah suatu rangkaian kegiatan yang digunakan oleh
organisasi atau perusahaan untuk mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan,
dan mendistribusikan pengetahuan untuk digunakan kembali, diketahui, dan
dipelajari di dalam organisasi. Kegiatan ini biasanya terkait dengan objektif
organisasi dan ditujukan untuk mencapai suatu hasil tertentu seperti
pengetahuan bersama, peningkatan kinerja, keunggulan kompetitif, atau tingkat
inovasi yang lebih tinggi.
Manajemen Pengetahuan (Inggris: Pengertian Knowledge Management) adalah kumpulan perangkat, teknik, dan strategi untuk
mempertahankan, menganalisis, mengorganisasi, meningkatkan, dan membagikan
pengertian dan pengalaman. Pengertian dan pengalaman semacam itu terbangun atas
pengetahuan, baik yang terwujudkan dalam seorang individu atau yang melekat di
dalam proses dan aplikasi nyata suatu organisasi. Fokus dari MP adalah untuk
menemukan cara-cara baru untuk menyalurkan data mentah ke bentuk informasi yang
bermanfaat, hingga akhirnya menjadi pengetahuan.
Cut Zurnali (2008) mengemukakan
istilah Pengertian Knowledge Management pertama
sekali digunakan oleh Wiig pada tahun 1986, saat menulis buku pertamanya
mengenai topik Knowledge Management Foundations yang dipublikasikan pada tahun
1993. Akhir-akhir ini, konsep knowledge management mendapat perhatian yang
luas. Hal ini menyatakan secara tidak langsung proses pentransformasian
informasi dan intellectual assets ke dalam enduring value. Knowledge management
merupakan kekhususan organisasi (organization-specific), ketika perhatian
dasarnya adalah ekploitasi dan pengembangan organizational knowledge assets
kepada tujuan-tujuan organisasi selanjutnya. Knowledge management bukan
merupakan sesuatu yang lebih baik (better things), tapi untuk mengetahui
bagaimana mengerjakan sesuatu dengan lebih baik (things better).
0 komentar:
Posting Komentar