This is Delphi, A free premium blogger theme for you.

Senin, 11 Agustus 2014


Fungsi Manajemen Menurut Ahli

Secara rinci berikut ini dipaparkan beberapa teori Fungsi Manajemen Menurut Ahli.

1.    HENRY FAYOL
Fayol dilahirkan tahun 1841 dari keluarga aristokratis di Perancis. Menjadi manajer utama di pabrik tambang dan metalurgi yang terkenal Eropa. Fayol yakin bahwa kesuksesannya dalam mengelola pabrik merupakan keterampilan mengembangkan pengalaman dan instropeksi. Ia mengemukakan teori dan teknik administrasi untuk mengelola administrasi yang komplek dalam bukunya Administration Industrielle et Generale (1916) atau General dan Industrical Management (1939) (Usman, 2011: 28).
Dalam buku tersebut Fayol menyatakan fungsi administrasi dan manajemen adalah planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), commanding (pemberian komando), coordinating (pengkoordinasian), dan controlling (pengawasan). Rangkaian fungsi ini dikenal dengan akronim POCCC.
Fungsi utama dari kelima fungsi tersebut bagi Fayol adalah pada fungsi commanding. Mengingat kondisi masyarakat Perancis yang waktu itu militeristik dan perkembangan ilmu administrasi dan manajemen masih bersifat embrional. Sehingga commanding menjadi peran utama dalam menggerakkan bawahan (Siagian, 2003:84).

2.    LUTHER GULLICK
Luther Halsey Gulick dilahirkan di Jepang pada tahun 1892 dan merupakan seorang yang berpengalaman di bidang administrasi dan pemerintahan. Gullick mengatakan bahwa fungsi-fungsi utama administrasi dan manajemen adalah planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), staffing (pengadaan tenaga kerja), directing (pemberian bimbingan), coordinating (pengkoordinasian), reporting (pelaporan), dan controlling (pengawasan). Rangkaian fungsi dari Gullick dikenal dengan akronim POSDCRC.
Gullick sependapat dengan Fayol berkaitan dengan fungsi planning, organizing dan controlling. Selanjutnya Gullick mengusulkan fungsi staffing (pengadaan tenaga kerja) yang merupakan tindak lanjut dari fungsi planning dan organizing. Kemudian fungsi staffing, planning dan organizing merupakan bahan baku organisasi yang perlu digerakkan dalam rangka pencapaian tujuan. Oleh sebab itu dibutuhkan fungsi directing (pemberian bimbingan), dan coordinating (pengkoordinasian) (Siagiaan, 1993).
Dari rangkaian fungsi-fungsi tersebut, directing memiliki fungsi yang paling penting. Directing merupakan konsep yang lebih santun/lunak dari commanding. Sesuai dengan kondisi warga Amerika yang saat itu telah memiliki pemahaman tentang ilmu admnistrasi dan manajemen (Siagian, 2003:84).

3.    GULLICK & URWICK
Lyndall Fownes Urwick adalah salah satu murid Fayol yang sangat rajin dan menulis buku komprehensif tentang pengetahuan manajemen dengan judul The Element of Administration. Bersama Gullick, Urwick menghasilkan karya yang berjudul Papers on The Science of Administration. Gullick dan Urwick mengatakan bahwa fungsi-fungsi utama administrasi dan manajemen adalah planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), staffing (pengadaan tenaga kerja), directing (pemberian bimbingan), coordinating (pengkoordinasian), reporting (pelaporan), dan budgeting (penganggaran). Satu hal yang berbeda dengan konsep Gullick adalah penggantian controlling dengan budgeting  
Fungsi budgeting (penganggaran) sendiri merupakan perluasan dari fungsi planning dalam hal perencanaan biaya (Manullang, 1988). Secara rinci Budgeting (penganggaran), berarti pengikhtisaran sistem rencana anggaran keuangan, baik sistem keuangan dalam jangka pendek, menengah maupun panjang. Rangkaian fungsi dari Gullick dan Urwick ini dikenal dengan akronim POSDCoRB.

4.    GR TERRY
Fungsi manajemen yang ditulis Terry dalam bukunya Principles of Management terdiri dari planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuanting (penggerakan), dan controlling (pengawasan). Terry menggunakan kata actuating dalam menggerakkan bawahan, yang berarti usaha mendapatkan hasil dengan menggerakkan orang lain. Istilah ini lebih lunak dibandingkan commanding dan directing (Siagian, 2003:85).   

5.    KOONTZ & O’DONNEL
Koontz Harold and Cyril O’Donnel menulis buku manajemen yang berjudul Principles of Management. Dalam bukunya Koontz dan O’Donnel berpendapat bahwa manajemen adalah sebuah proses yang terdiri dari fungsi planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), staffing (pengadaan tenaga kerja), directing (pemberian bimbingan), dan controlling (pengawasan). Dalam menggerakkan bawahan, Koontz dan O’Donnel cenderung mengambil fungsi directing sebagai fungsi yang paling penting (Siagian, 2003:85).

6.    ERNEST DALE
Dale menyarankan tentang innovation (inovasi) dan representing (perwakilan) yang sama pentingnya dalam fungsi manajemen. Secara lengkap Dale menyatakan fungsi manajemen terdiri dari planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), staffing (pengadaan tenaga kerja), directing (pemberian bimbingan), innovation (inovasi) dan representing (perwakilan) dan controlling (pengawasan) (Pal, taanpa tahun).

7.    OEY LIANG LIE
Oey Liang Lee merupakan guru besar manajemen UI. Oey Liang Lee menyatakan fungsi manajemen sebagai planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), directing (pemberian bimbingan), coordinating (pengkoordinasian) dan controlling (pengawasan). Sebagaimana definisi manajemen yang Oey Liang Lee berikan yaitu “seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengontrolan dari pada “human and natural resources” untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu” (elqorni.wordpress.com).


8.    WILLIAM NEWMAN
William Herbart Newman menyatakan fungsi manajemen sebagai planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), assembling of resources (pengumpulan sumber daya), directing (pemberian bimbingan), dan controlling (pengawasan). Pada dasarnya Assembling of Resources memiliki istilah yang sama dengan staffing yaitu pemanfaatan sumber daya yang ada baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam agar memberi daya guna maksimal terhadap organisasi (Manullang, 1988)

9.    NEWMAN & SUMMER
William Herbart Newman dan Charles E Summer menyatakan dalam bukunya The Process of Management bahwa fungsi manajemen terdiri dari planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), leading (kepemimpinan), serta measuring and controlling (pengukuran dan pengendalian). Newman dan Summer berpendapat leading dan serta measuring and controlling memegang peranan penting dalam manajemen. (www.citehr.com).

10.    JAMES STONER
James Stoner berpendapat bahwa fungsi manajemen adalah planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), leading (kepemimpinan), dan controlling (pengendalian). Sebagaiman definisinya terhadap manajemen sebagai suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pemimpinan dan pengendalian kegiatan anggota organisasi dan sumber daya organisasi dengan bantuan alat untuk mencapai tujuan organisasi (kamarche99.wordpress.com).

11.    SEARS
Menurut Jess B.Sears fungsi manajemen adalah planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), directing (pemberian bimbingan), coordinating (pengkoordinasian) dan controlling (pengawasan).  

12.    ASSA
Persatuan administrator sekolah amerika serikat (American Association of School Administration) pada tahun 1955 memperkenalkan fungsi-fungsi manajemen yaitu planning, allocating resouces, stimulating, coordinating, and evaluating (PASCE) (www.sarjanaku.com).

13.    GREGG
Gregg mengemukakan bahwa fungsi pokok manajemen itu meliputi Decision making (pembuat keputusan), planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), communicating (pengkomunikasian), influencing (proses mempengaruhi), coordinating (pengkoordinasian), evaluating (pengendalian) (Marno & Supriyatno, 2008).

14.    CAMPBEL
Pendapat Campbell dalam bukunya yang ditulis bersama Gregg dan Litchfield menyatakan fungsi manajemen terdiri dari decision making (pembuat keputusan), programming (pemrograman), simulating (peniruan), coordinating (pengkoordinasian) dan appraising (penilaian) (Marno & Supriyatno, 2008).

15.    JOHSON
Johson, et.al mengatakan fungsi manajemen terdiri dari planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), communicating (pengkomunikasian), dan controlling (pengawasan).

16.    JOHN F. MEE
John F. Mee adalah seorang guru besar ilmu manajemen di Universitas Indiana. Dalam kuliah dan karya ilmiahnya, Mee mengatakan fungsi manajemen terdiri dari planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), motivating (pemberian motivasi), dan controlling (pengawasan). Inti teori Mee merujuk pada kondisi manusia yang bekerja pada suatu organisasi akan melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak terlepas dari keuntungan pribadi yang akan diperolehnya. Sehingga motivating menjadi hal yang penting dalam menggerakkan bawahan agar mau memberikan yang terbaik dari dirinya untuk mencapai tujuan organisasi (Siagian, 2003:86).

Demikian Fungsi Manajemen Menurut Ahli yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat!!!

#pengertianmanagement

0 komentar:

Posting Komentar